Kecantikan yang Membutakan


Kecantikan yang Membutakan
Judul buku: Pudarnya Pesona Cleopatra

Tebal : 107 halaman

Tahun Terbit: 2005

WANITA adalah simbol keanggunan, kelembutan, dan keelokan yang diciptakan Tuhan di muka bumi. Tetapi, keindahan tersebut bisa berbahaya bagi kaum lelaki karena dapat menjerumuskan ke lembah kemaksiatan. Tak jarang, kecantikan wanita menghancurkan hidup lelaki dan lingkungan sekitarnya. Hal itulah yang ingin disampaikan penulis dalam novel pendek ini.

Diceritakan, ada seorang lelaki yang hendak dijodohkan dengan wanita salehah oleh ibunya. Raihana nama wanita itu. Sosok cerdas berkepribadian lembut dan santun. Cantik pula parasnya. Namun, tetap tak bisa menggetarkan hati lelaki tersebut. Dia hanya ingin menikah dengan wanita Mesir. Hanya karena bakti yang tinggi kepada ibunya, dia mau menikahi wanita itu. Dia berusaha mencintai istrinya tersebut, tapi nihil. Dia tetap menggilai paras wanita Mesir itu.

Hingga suatu saat, dia mendapatkan pelajaran. Temannya yang menikah dengan wanita Mesir karena terbius kecantikannya gagal berumah tangga. Watak wanita Mesir yang matrealistis membawanya ke perceraian.

Sedikit demi sedikit, hati lelaki itu terbuka dan berusaha mencintai Raihana dengan tulus. Malang tak dapat ditolak, saat cinta itu hadir membasahi nuraninya, saat hatinya terbuka lebar untuk menerima cinta Raihana, istrinya tersebut meninggal.

Sang penulis menuangkan unsur religi yang kuat pada novel itu. Novel tersebut dihiasi latar suasana Mesir dan Kampus Al-Azhar, Kairo, yang begitu kental mengingat sang penulis merupakan lulusan universitas itu.

Seakan-akan ingin membuka tabir di balik kecantikan wanita yang di dalamnya merupakan fatamorgana dan refleksi semu yang bisa menipu hati dan pikiran manusia, Kang Abik (Habiburrahman El Shirazy) mempersuasi pembaca melalui tulisan fiksinya bahwa kecantikan bukanlah hal yang utama.***

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: