AISYAH UMMUL MU’MININ


بسم الله الرحمن الرحيم

 

NASABNYA

Anak perempuan abu bakar,Kholifatirrosul Abu Bakar Abdullah  Bin Abi Quhafah Usnman Bin Amir Bin Amru Bin Kaab Bin Saad Bin Taim Bin Murroh Bin Kaab Bin Luaiy Alquroisiyyah Attaaimiyah Almakkiyah annabawiyah,ummul mu’minin salah satu istri rosulullah wanita terfaqih dari umat ijin  secara mutlaq.

Ibunya Adalah Ummu Ruman Binti Amir Bin Uwaimir Bin Abdi Syam Bin ‘Attab Bin Adzniyatul Kinanah.Menikah dengan Rosulullah sebelum hijroh ,setelah wafatnya Assidiqoh Hadijah Binti Huwailid.yaitu sebelum hijroh setahun lebih,dada pendapat 2 tahun.digauli oleh Rosulillah Bulan Syawal tahun ke 2 Hijjriyah sehabis pulang dari perang Badar,dan dia waktu berumur sembilan tahun.[1]

Biasa dipanggil dengan Ummu Abdillah dan Abdullah ini adalah anak dari Zubair kaka iparnya,istri dari Asma’,kakak perempuanya.karena dia pernah meminta pada Rosul tentang panggialn maka Rosul memberi gelar itu,juga Assidiqiyyah dinisbatkan pada bapaknya,and juga gelar yang melekat secara umum bagi istri Rosul yaitu Ummul Mu’minin ,al Ahzab 6.

“Nabi itu (hendaknya) lebih utama bagi orang-orang mukmin dari diri mereka sendiri dan isteri-isterinya adalah ibu-ibu mereka. Dan orang-orang yang mempunyai hubungan darah satu sama lain lebih berhak (waris-mewarisi) di dalam Kitab Allah daripada orang-orang mukmim dan orang-orang Muhajirin, kecuali kalau kamu berbuat baik,] kepada saudara-saudaramu (seagama). Adalah yang demikian itu telah tertulis di dalam Kitab (Allah).[2]

 

FISIKNYA

Putri yang putih lagi cantik,maka dipanggil Alhumairo'(yang berwajah kemerah merahan)namun pendapat tentang penyebutan khumairo’ ini adalah dhoif,dan nabi tidak menikah pada wanita gadis satupun kecuali dengannya,[3]

 

KELEBIHAN DIBANDING DENGAN YANG LAIN

Dalam sebuah riwayat dari Basyar Bin al Walid  alqodli,yang diriwayatkan oleh Abu Bakar Al Ajromi dengan sanad yang baik,bahwasanya dia diberi sembilan kelebihan atas manuisia yang tidak diberikaan setelah maryam bin imron.yakni sebagai berikut:

Jibril turun dan menampakkan wujudnya(aisyah) lalu menyuruh agar rosul menikahnya,

Dialah satu satunya istri nabi yang gadis,

Rosul meninggal dalam kamarnya,

Rosul dikubirkan di rumahnya,

Malaikat turun dirumahnya,karena wahyu turun dan dia sedang bersamaku dalam selimutnya,

Dia adalah ank dari kholifah kepercayaannya,

Diturunkan pembebasnku dari langit langsung,

Diciptakan dalam keadaan baik dan disisi orang yang baik,

Dan dia telah dijanjikan  ampunan dan rizqi yang mulia.[4]

 

PERNIKAHANNYA DENGAN ROSULULLAH

Ketika Khotijah meninggal, datang datang Haulah binti hakim dan berkata,”wahai Rosulullah,mau nikah kah anda?”jawabnya,”sama siapa?”katanya.”kalau mau sama gadis atau sama janda?”siapa kalau gadis dan siapa kalau janda”jawabnya.”kalau gadis maka sama anak sadaramu dan kaalu sama janda sama orang yang telah bertiman kepadamu yaitu saudah binti zam’ah.adn akhirnya kedua duanya sama sam a dinikahi sama orsulullah,hanya aisyah digauli setelah di Madinah.

Sebelum Rosul melamar datang dahulu Haulah menwarkan pada keluarga Abu Bakar dan mereka menyetujjuuinya.[5]

 

PERIWAYATAN HADIST

Dia meriwayatkan dari bapaknya,Umar,Fatimah,Hamzah Bin Amru Al Aslamy,Sa’ad Dan Jundamah Binti Wahab.

Yang meriwayatkan darinya ada lebih dari 150 orang baik secara mursal maupun tidak.

Musandnya mencapai 2210 hadist.yang disepakati Bukori dan Muslim ada 174b hadist,Bukhori sendiri ada 54 hadist dan Muslim ada 69 hadist[6]

 

PERJALANAN HIDUPNYA

BANYAK riwayat tentang hidupnya  yang terkesan diantaranya adalah:

  1. Imam Bukhori dari riwayat aisyah RosulullH telah bersabda,”aku memimpikannmu sebanyak dua kali,dimana aku melihat kamu dibalik kelambu sutra yang bagus,lalu dikatakan kepadanya bahwa “ini adalah istrimu”ketika aku membukanya,maka ternyata wanita yang ada dibalik kelambu itu adalah kamu”
  2. Sabda rosul”dia mengetahui cara menempatkan kebenaran secara proporsional”berkaitan dengan kabar yang datang melepaskan tuduahn dari langait secara langsung .

Allah menurunkan 10 ayat berkenaan pembebasan dia dari tuduhan bohong(hadisul ifqi)yaitu surat annur ayat 26ÇËÏÈ

  1. “Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki- laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula). Mereka (yang dituduh) itu bersih dari apa yang dituduhkan oleh mereka (yang menuduh itu). Bagi mereka ampunan dan rezki yang mulia (surga)[“;[7]

 

HIJRAHNYA

Ketika rosulullah hijhroh ke Madinah,beliau meninggalkan  anak anak perempuannya,ketika sudah sampai,dia mengutus ke makkah zaid bin harisah dan abu rofi’,dqn memberinya dua tunggangan dan uang   lima ratus dirahm yang diambil dari abu bakar untuk membeli semua perbekalan sampai cukup,abu bakar juga mengirim bersamanya abdullah bin uraiqith allaisii dengan dua atau tiga onta,dan berpesan keapada anaknya abdulah agar membawa keluarganya,yaitu ummu ruman,aisyah dan asma’.maka saat sampai di qodid zaid membeli 3 onta lalu masuk makkah.maka berpapasan dengan tolhah hendak berhijroh dengan keluarga abbu bakar,lalu kami berangkat bersama.mereka serombongan berpencar sampai ummu ruman berkata,”dan dua anak perempuannya,dan calon calon  menantunya sehingga bisa menyusul rombonngannya aisyah dan ketika sampai dimadinah masjid sudah dibangun.[8]

 

HADISUL IFQI(BERITA BOHONG)

Terjadi pada tahun lima hijriyah,pada perang muraisi’,waktu itu berumur 12 tahun.sudah menjadi kebiasaan rosululllah bila akan berperang mengundi istrinya siapa yang akan diajaknya,saat itu yang keluar yaitu  aisyah.beruntungnya dia saat itu.dan itu telah turun ayat hijab.dia dibawa dalam tandu/sekedup,sehabis perang maka pasukan kembali ke Madinah.

Ketika malam pasukan beristirahat dan dia bisa menyusulnya,karena ada suatu urusan maka dia menunaikanya maka ketika kembali ternayta dia tertinggal.karena saat itu dia kehilangfan kalungnya.pandu d\ianggkat dan dikira dia didalamnya karena tubuhnya yang ringan.lalu rombongan meneruskan perjalanannya.lalu diqa menunggu dan yakin pasti akan dicari,ba’da mendapatkan kalungnya,ketika itu dia tertidur dan datang sufyan bin muattol assilmi,bersama pasukan penyapu.mereka melihat ada yang tertidur setelah dijumpai,tahu bahwa ia adalah aisyah,karena tau sebelum perintah hijab.Sofwan tidak berbicara sedikitpun kecuali istirja’,dan dia terbangun dengan istirja’ tersebut lalu mendekatkan ontanya,lalu dia menaikinya.dan menyusul pasukan tanpa bicara sepatah katapun baik aisyah maupun sofwan.lalu sampai di pasukan dan terjadilah hadis ifki yang dibesar-besarkan oleh  abdullah bin ubai bin salul.[9]

Hingga akhirnya terjadilah apa yang menimpa pada hidupnya sehingga hidup menjadi sangat sesak namun dengan keyakinan bahwa Allah pasti akan menolong hambannya yang jujur,maka setelah kurang lebih berlalu sebulan maka turunlah kabar dari langit untuk memebebe\askan tuduhan baginya.

Karena lama tidak alama tidak turun wahyu,rosul meminta pendapat paara sahabat.ali bin abu tolib mengisyaratkan agar menceraikannya.usaid bin hudlair pimpinan aus berseida membunuh Abdullah bin Ubay.

Saad bin ubadah pimpinan khojroj menolak usulan usaid.semuanya saling bantah sehingga datang rosul datang melerainya.setelah aisyah datang di madinah dia jatuh sakit selama sebulan sehingga tidak tahu akan kabar bohong itu.ketika sudah memebaik dia keluar pada suatu malam bersama ummu mistah untuk ke jamban.tiba tiba terjauth dan dia akhirnya dia emnceritakan apa yang terjadi.lau dia pulang ijin saam rosulullah untuk pulang kerumah orang tuannya.setelah tahu masalah yang terjadi dia menangis sejadi jadinya selama sehari dua malam,dan air matanya tidak pernah terhenti sampai dianggap matanya telah memecah kelopak hatinya

.lalu datang rosul memberi arahan bahwa jika salah psati allah akan membebaskanya dan jika memeang terjadi maka disuruh bertobat.lalu aisyah menjawabnya dan mengambil persmisalan dengan bapaknya yusuf ketika kehilangan yusuf.amka ketika dia beranjkak dari tempat tidurnya maka turunlah wahyu..dan aia berujar”demi Allah akutidak menghampiri beliau, tidak memuji kecuali kepada Allah.”

Wahyu yang turun adalah usrat annur,11a;

 

Sesungguhnya orang-orang yang membawa berita bohong itu adalah dari golongan kamu juga. Janganlah kamu kira bahwa berita bohong itu buruk bagi kamu bahkan ia adalah baik bagi kamu. Tiap-tiap seseorang dari mereka mendapat balasan dari dosa yang dikerjakannya. Dan siapa di antara mereka yang mengambil bahagian yang terbesar dalam penyiaran berita bohong itu baginya azab yang besar[1031].”

Ringkasan tetang hadisul ifqi yang tertera dalam al qur’an dan terjemahnya,yaitu;

Berita bohong ini mengenai istri Rasulullah s.a.w. ‘Aisyah r.a. Ummul Mu’minin, sehabis perang dengan Bani Mushtaliq bulan Sya’ban 5 H. Perperangan ini diikuti oleh kaum munafik, dan turut pula ‘Aisyah dengan Nabi berdasarkan undian yang diadakan antara istri-istri beliau. Dalam perjalanan mereka kembali dari peperangan, mereka berhenti pada suatu tempat. ‘Aisyah keluar dari sekedupnya untuk suatu keperluan, kemudian kembali. Tiba-tiba dia merasa kalungnya hilang, lalu dia pergi lagi mencarinya. Sementara itu, rombongan berangkat dengan persangkaan bahwa ‘Aisyah masih ada dalam sekedup.

Setelah ‘Aisyah mengetahui, sekedupnya sudah berangkat dia duduk di tempatnya dan mengaharapkan sekedup itu akan kembali menjemputnya. Kebetulan, lewat ditempat ituseorang sahabat Nabi, Shafwan ibnu Mu’aththal, diketemukannya seseorang sedang tidur sendirian dan dia terkejut seraya mengucapkan: “Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un, isteri Rasul!” ‘Aisyah terbangun. Lalu dia dipersilahkan oleh Shafwan mengendarai untanya. Syafwan berjalan menuntun unta sampai mereka tiba di Madinah. Orang-orang yang melihat mereka membicarakannya menurut pendapat masing-masing. Mulailah timbul desas-desus. Kemudian kaum munafik membesar- besarkannya, maka fitnahan atas ‘Aisyah r.a. itupun bertambah luas, sehingga menimbulkan kegoncangan di kalangan kaum muslimin[10]

Mereka yang apling getol menyebarkan berita dipukul 80 kali,dia adalah Mistah bin Usasah,hassan bin tsabit,dan hmanah binti jahsyi.abdullah bin ubai justru tidak dihukum karena ada hikmah.

Setelah kejadian iitu dia tiudak berani mendongkakkan kepalanya.dan  setiap berbicara maka kaumnya pasti mencela,mencaci dan mencemoohnya.seandainya dibun uuh sasat itu tentu banyak orang yang akan bersipati kepadanya,[11]

Usaid bin hudlair

 

KEUTAMAANNYA

Keutamaan pada diri beliau adalah sangat banyak diantarnaya adalah sebagai berikut:

ð                 Dia adalah paling dicintai diantara istyeri istri beliau yang sembilan,hadis dari amr bin ash,dimana dia adtang pada Rosulullah seraya bertanya,”wahai rosul siapa orang paling kamu cintai?”beliau menjawab,”aisyah”lalu bertanya lagi,”siapa orang laki laki yang paling kamu cintai?”beliau memnjawab,”bapaknya”,”lalu sipa lagi setelahnya?”beliau menjawab,”umar,”yakni umar bin khotob rodliallahu anhum[12]

ð   Malaikat Menyampaikan Salam Untuknya Tidak Hanya satu Kali .Dari Aisyah ,Bahwa Rosulullah Bersabda.”sesungguhnya jibril telah mengucapkan salam kepadamu,maka akau menjawab alaihissalam”

ð   Rosul meninggal dalam kamarnya dan dialah yang mengurus pada akhir hayatnya,dan meningggal dalam pangkuan dan dekaapanya.bahkan air liur rosul dengan air liurnya.

ð   Sabda rosul,”keutamaan aisyah atas wanita wanita yang lainnya bagaikan keutamaaan tsarid(roti yang dibub uhkan kedalam kuah)ats makan yang lainnya.[13]

 

ILMUNYA

Kesaksian pakar ilmu pnegetahuan dari kalangan ulma terdahulu tentang keluasan,keunggulan,dan kredibilitas iasyah:

  • Urwah bin zubair(keponakannya),riwayat putranya Hisam,”aku tidak melihat sesesorang yang lebih pintar adlam ilmu fiqih(agama)kedokteran dan syair selain Aisyah.”
  • Az zuhri,”seandainya dibandingkan antara ilmu aisyah dan ilmu seluruh isteri nabi dan ilmu seluruh waanita,niscaya ilmu  aisyah jauh lebih ungggul.
  • Masruq,dari riwayat abu ad dhaha berkenaan masalah ilmu aisyah dalam bidang faroid,”kau melihat para syaih dari kalangan syahabat rosulullah bertanya pada aisyah tentang ilmu waris.”
  • Atho’ bin bai robah,dimanna ketika Allah berfirman, maka aisyah merupakan orang yang paling paham,paling mengetahui dan paling bagus pendapatnya dibanding denagan yang lain secara umum.
  • Zubair bun awwam,yang btelah diriwayatkan oleh putranaya urwah,”aku tidak pernah melihat seseorang yang lebih pintar etentahng alquran,hal hal yang difardlukan,halal dan haram,syair,cerita arab and nasab selain  Aisyah.[14]

 

PERKATAAN PERKATAAN AISYAH

O   “Seorang hamba yang durhaka pada Allah ,niscaya orang yang memujinya  akan berbalik menjadi mencelanya,sedang orang mencari kerildoan Allah walu orang orang membencinya,niscaya Allah akan mearildoinaya dan orang ornag akn berbalik meridloinnya.adn orang yang mencari kerildoan manuisa diseratai kebencian dari Allah,nisacya Allah akan membencinya dan oarngpun kan membencinya.”sebuah surat yang tertuli sadn ditujukan pada Muawwiyah bin sofyan.

O   “Kamu tidak akan bertemu  denagan Allah kecuali dengan melekukan sesuatu yang baik bagimu.yaitu mengulangi dosa.maka orang yang inagi menyaingi orang yang tekun dan sungguh sungguh,hendaknya dia menahan dirinya dari berbuat dosa.[15]

 

TAKUTNYA KEPADA ALLAH

Karena beliau menghabiskan masa muda dalam tarbiyah and bimbingan dari rosulullah maka dia mempunyai rasa takwa dan takut yang tinggi kepada Allah,yaitu:

ÿ Dalam kitabnya aladab,imam albukhori meriwayatkan bahwa,beliau pernah bernadzar agar tidak akan berbicara dengan keaponakannaya ,Abdullah bin Zubair.namuan suatu saat,karena sudah lama abdullah bin zubair mendatanginaya bersama sekelaompaok orang lalu diijinkan.dihadapannaya ia menangais sehingga sehingga beliaupun ikut manangis dan takut atas nadzar tersebut.maka untuk menebus nadzarnya itu beliau membebaskan 40 budak,dan dalam hidupnaya jika ingat akan nadzar tersebut maka menangis sampai basah jilbabnya

ÿ Riwayat ibnu abbas bahwa beliau pernah menjenguknya ketika aisyah sakit yang mendekati kewafataanya,maka ketika ditanya tentang apa yang menyenangkan dari bertemunnya dia denagan muhammad,maka dia menyuruh pergi abdullah bin abas dan mengatakan bahwa hal mengingatkan pada kegembiraan yang telah lama dilupakannya.

ÿ      Ketiak beliau pergi kebasroh bersama tholhah dan zubeir untuk menuntut perdamaian,tetapi takidr Allah berbicara laian sehingga terjadi perang jamal,maka ketika beliau membaca surat al ahzab 33:     maka beliau menangis sehingga membasahi jilbabnya.[16]

 

KEZUHUDAN DAN KEMURAHAN HATINYA

ýDiriwayatakan dari Atho’ ,dioa berkata;”muawiyah mengirimi aisyah sebuah kalung emas berliaotinkan sebuah permata suatu kaum yang nilainya seharga 100 ribu .lalu dia membagi ke istri istri nabi dan tidak ada sama sekali yang tersisa untuknya.

ýRiwayat dari urwah bin zubair,”aku melihat aisyah membagikan 70 ribu dan dia menambal sikut”katanya lagi,”zuhud mana lagi yang derajatnaya leebih agunag daripada ini”

ýRiwayat dari ummu dzurrah,dia serinag mengunjungi aisyah.bahwa ibnu zubair adtang dan meembawa harta dua karung yang setara 180 ribu dirham,waktu itu beliau berpuasa,lau menbgambil mangkok besar adan dibagikan ke orang orang sampai tidak tersiaisa  seditpun oada sore harinnya.ketiak dia memanggil budak perempuan dan menanyakan tentang apa yang akan digunakan untuk berbuka yang ternyata tidak terdapat apa apa.adn berkata ,seandainya kamu mengiungatkannya pasti aku akn menyisakanya”juag bahwa auhud mana lagi,paginaya membagikan uang puluhan  ribu tapi bukanya hanya dengan sepotong roti dan mentega.[17]

 

IBADAH DAN IJTIHADNYA

Riwayat Urwah dari bapaknya bahwa bahwa aisyah melakukan ibadah terus menerussehingga rela meninggalkan  makan dan minum dalam beberapa hari.

Riwayat dari keponakannya qosim bin muhammad bahwa  aisyah biasa mengerjakan puasa selama satu tahun,maksudnya adalah puasa terus menerus seshingga tidak pernah terlihyat dalam keadaaan berbuka.sebagaimana juga rosul.

Riwayat dari dia juga,bahwa pada pagi hari dia bisa mengunjunngi bibinya tersebut dan mendapatkan dia berdiri membaca tasbih,dan surat athur ayat 27,   ;kelihatan menangis and mengulangi bacaanya tersebut,lalu dia pergi kepasar  untuk suatu keperluan,ketika kembali maka dia dalam keadaan sedang soalt dan mennagis.inilah beberapa gambaran manusia yang jibril turun mendatangi rosulullah dan dia berada ditempat tiudrnya.[18]

 

 

HAL HAL PENTING YANG LAIN

J     Bahwa rosullulah pernah mencium aisyah pas puasa dan hal itu tidak membatalkanya.

J     Bahwa rosulullah pernah berlomba lari dengan rosulullah,dan keudnya saling mengalahkan dan dikalahkan.

J     Bahwa rosulullah pernah mandi dalam satu bejana bersama rosulullah.

J     Bahwa sholat dikamarnya dan dia tidur disampingnya.

J     Dia ikut berperang dalam perang jamal,lalu dia menyatakan penyesalanya karena tujuan dia adalah tidak sebagaimana dimaksud,dan dalam perang itu banyak kaum muslimin yang terbunuh.

J     Dia pernah belajar ilmu kedokteran adan mehnjadi pandai denagn kejcerdasanya.

J     Bernadzar unutk itdak berbicara sama anak saudaranya namun dia menebusnya denganmembebaskan budak 10 orang.

J     Menangis daalm perang jamal dan dia dipulangkan oleh pengawalnya ali bin abi tolib.

J     Menangis ketika rosulullah sakit ynag mendekati kematiannya dan dia bersabda:bahwa diua tidak akan merasakan kesakitan lagi setelahnya.

J     Cembuuru pada shofiah dan karena kepandaiannya memasak,dan kejadian tumpahnya susu yang dibuat olhnya karena ausyah dan rosulu\h menyuruhnya agar menggantinya.dan juga dia pernah menyindir dengan gadis’yahudi’.

J     Pernah bersama sebagian istri yang lain menuntut belanja ynag tidak dipunyai oleh rosululloh sehingga.turun ayat yang menyatakan pilihan bagi mereka agar tetap bersama rosul akan diceraikanya.

J     Pernah melihat budak habasyah menyanyi pada waktu hari raya.

J     Pernah memasang satir bergambar dalam rumahnya llalu menganggu sholat rosul lalu di lepas kain itu.

J     Dimintai ijin oleh ibnu umar agar ayahnya dikuburkan disisi makam rosul dan dia mengijinkanya.

J     Mengajari syahabat dari balik tabir.

J     Nikah dalam usia yang masih dini dan dicampuri setelah uda tahun kemudian.

J     Mendapat jatah giliran dari malam miliknya Saudah,karena saudah sudah agak tua dan takut diceraikan oleh rosul

J     Pernah ibnu mas’ud bertanya and dia malu karena tentang hubungan usami istri,lalu ida menjawab bahwa dia adalah ibunya and tidak usah malu.

J     Termasuk perempua yanng pernah berperang dalam islam.

Dan masih banyak hal lain yang termuat dalam literatur islam utamanya adalah buku buku hadist dan fiqih,yang jika kiat mau menelaahnya sungguhn kita akan mendapatkan faedah faedah yang agung.

 

WAFATNYA

Rosulullah serumah dengannya pada umurnya 9 tahun,dan ketika rosul wafat dia baru berumur 18 tahun,jadi dia hidup bersama Rosulullah selama  9 tahun dan sepeninnggalnya rosul dia hidup sampai usia 66 tahun.aisyah  wafat tanggal 17 bulan romadlon,dan dimakamkan di baqi’,pemakaman di Madinah dan ini sesuai wasiatnya ,agar dimakamkan ditempat pemakaman istri istri rosulullah.[19]

 

REFERENSI

1.: Abu Bakar Jabir Al Jazairi,Ilmu Dan Ulama,Pustaka Azzam,Cet Pertama Juli 2001

2.  Siyar alamin nubala’ OLEH IMAM ADDZAHABI,VCD

3. Rohiqul mahtum ,karangan syaih safiurrohman almubarokfuri edisi terjemahan,pustaka alkausar ,jakarta

 

 

Wallahu A’lam Bissowab

 

 

 

 

Pondok Gede,22 Romadlon 1426/24 Okt 2005

Al-Islam Campus


[1] Siyar alamin nubala’ bab aisysah

[2] Abu Bakar Jabir Al Jazairi,Ilmu Dan Ulama,Pustaka Azzam,Cet Pertama,Juli 2001 hal 289

[3] Siyar alamin nubala’ bab aisysah

4ibbid

[5] Siyar alamin nubala’ bab aisysah

[6] ibid

[7] Abu Bakar Jabir Al Jazairi,Ilmu Dan Ulama,Pustaka Azzam,Cet Pertama,Juli 2001 hal 290

 

[8] Siyar alamin nubala’ bab aisysah

[9] Siyar alamin nubala’ bab aisysah

[10] alqur an and terjemahnya cetaka arabyng sudah dibentuk adlam bentuk program dalam komputer.

[11] syaikh shaifuurohman almubarok furi,sirah nabawiyah,pustaka al mkaustar,hal 428-431

[12] HR BUKHORI DAN MUSLIM

[13] Siyar alamin nubala’ bab aisysah,tsarid adalah dianggap sebagus bagus makanan yang mengenyangkan,sebagaimana sebagus bagus lauk adalah daging.

[14] Abu Bakar Jabir Al Jazairi,Ilmu Dan Ulama,Pustaka Azzam,Cet Pertama,Juli 2001,hl 292

 

[15] Abu Bakar Jabir Al Jazairi,Ilmu Dan Ulama,Pustaka Azzam,Cet Pertama,Juli 2001,hl 293

[16] ibid hal 294

[17] ibid hal 296

[18] ibid

[19] Abu Bakar Jabir Al Jazairi,Ilmu Dan Ulama,Pustaka Azzam,Cet Pertama,Juli 2001 hal 297

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: